Tim sepak bola nasional Ethiopia



Team sepak bola nasional Ethiopia , dipanggil Walias , sesudah Walia ibex , sebagai wakil Ethiopia dalam sepakbola internasional pria serta dikontrol oleh Asosiasi Sepak Bola Ethiopia , tubuh pengontrol sepak bola di Ethiopia. Team sudah sebagai wakil Ethiopia dalam pertandingan regional, kontinental, serta internasional semenjak dibangun di tahun 1943. [5] The Walias mainkan laga kandang mereka di Stadion Addis Ababa yang terdapat di ibu kota Addis Ababa. Mereka sekarang ini rangking 150 di dunia menurut Rangking Dunia FIFA serta ke-44 di CAF.

Ethiopia ialah satu diantara cuma tiga team (bersama-sama Mesir serta Sudan ) yang berperan serta dalam Piala Afrika pertama di tahun 1957. Itu memenangi pertandingan di tahun 1962 , disamping itu tuan-rumah. Tetapi, keberhasilan sudah susah dimengerti semenjak akhir 1960-an. Di bawah pelatih Sewnet Bishaw awalnya , team maju ke Piala Afrika 2013 sesudah mangkir 31 tahun.

Ethiopia mempunyai adat sepak bola yang panjang serta adalah salah satunya perintis pertandingan internasional di Afrika, mainkan laga internasional pertama kalinya di tahun 1947, menaklukkan Somaliland Perancis 5-0. [3] EFF masuk dengan FIFA di tahun 1952, [5] serta adalah salah satunya pendiri Konfederasi Sepak Bola Afrika di tahun 1957. [7] Team ambil sisi dalam Piala Negara Afrika pertama di tahun 1957, dimana dia usai ke-2. [8] Di tahun 1959, Ethiopia masuk kwalifikasi Piala Dunia 1962 untuk kali pertamanya serta hadapi Israeldi set ke-2 sesudah selamat tinggal. Team kehilangan ke-2 pertandingan; serta dengan score agregat 2-4 tersisih dari pertandingan. [9]

Team memenangi kompetisi Afrika di kandang, di tahun 1962. [10] Sembilan negara masuk pertandingan, termasuk juga juara bertahan, Republik Arab Berpadu , yang bermakna untuk kali pertamanya kompetisi kwalifikasi dibutuhkan. Seperti kompetisi awalnya, final cuma mengikutkan empat team. The Republic Uni , untuk pemegang, serta Ethiopia untuk tuan-rumah, bermutu automatis bermakna tiap diperlukan untuk bermain cuma satu laga untuk capai final. Ethiopia memenangi kompetisi untuk kali pertamanya sesudah waktu perpanjangan di final menantang Republik Arab Berpadu. Mengistu Worku serta Badawi Abdel Fattahadalah pembuat gol paling banyak bersama-sama, semasing dengan 3 gol semasing, tapi penghargaan tersebut dikasih ke Worku sebab teamnya sudah memenangi gelar. [11] Ini ialah prestasi paling besar yang sempat dicapai oleh team Nasional Ethiopia, serta salah satu gelar Piala Afrika yang sempat dimenangkannya. Luciano Vassalo ialah kapten team, [12] serta pelatihnya ialah Ydnekatchew Tessema.

Pada Piala Afrika 1963 , mereka ada di posisi ke-4, sesudah kalah dalam pertarungan tempat ke-3 menantang Republik Arab Berpadu. [13] The edisi 1965 serta lebih dari pada kekesalan buat Ethiopia, untuk timnas tersisih di babak group dengan Tunisia serta Senegal , finising dibagian bawah barisan, dengan cuma 1 gol yang diciptakan. [14]

Piala Afrika selanjutnya ialah edisi 1968. Satu kali lagi, tapi kesempatan ini di kandang, team usai dalam tempat ke-4 sesudah kalah dari Republik Demokratik Kongo di semi-final, serta kalah laga tempat ke-3 ke Pantai Gading 0-1. [15] Tetapi 2 tahun selanjutnya, team itu alami bencana riil, waktu mereka usai di fundamen babak group, dengan beda gol 3-12. Yang semakin jelek belum tiba untuk Ethiopia sebab mereka tidak penuhi ketentuan untuk Piala Afrika 1972 benar-benar, kalah dari Kenya di kompetisi kwalifikasi dengan agregat 0–3. [ referensi?] Hal yang hampir serupa berlangsung pada Piala Afrika 1974. Kesempatan ini, mereka dieliminasi oleh Tanzania.

Ethiopia jadi tuan-rumah kompetisi Piala Bangsa-Bangsa di tahun 1976 , tapi tidak berhasil untuk maju keempat final, finis ke-3 di group, di belakang Guinea serta Mesir. [16] Pada 1977, mereka mainkan Mauritius di kwalifikasi untuk Piala Afrika 1978. Sesudah menang agregat 4–2, mereka harus bermain Uganda. Sesudah hasil seimbang 0-0 dari laga pertama, Uganda memenangi laga ke-2, 2-1, serta maju ke kompetisi final. Mereka melepaskan Piala Afrika 1980. Ethiopia paling akhir maju ke kompetisi di tahun 1982, di bawah pelatih Mengistu Worku , bekas pemain legendaris. Mereka tidak berhasil melalui set group.