Tim sepak bola nasional Rwanda



Timnas sepak bola Rwanda adalah perwakilan negara Rwanda di internasional sepak bola serta dikontrol oleh Asosiasi Sepakbola Rwanda Association , yang tubuh dari sepak bola di Rwanda , serta berkompetisi untuk anggota dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), dan Dewan Timur serta Perkumpulan Sepak Bola Afrika Tengah (CECAFA), sub-konfederasi CAF yang mengendalikan sepakbola di Afrika Timur serta Tengah. Team ini memiliki panggilan Amavubi ( Kinyarwanda untuk Tawon), serta khususnya mainkan laga kandangnya di Stade Amahorodi Kigali , ibukota negara. Mereka belum pernah maju ke putaran final Piala Dunia, serta capai Piala Afrika pertama mereka di tahun 2004.


Negara ini ialah berdiri sendiri vis-à-vis Belgia pada 1 st Juli tahun 1962. The Rwanda Perkumpulan Sepak Bola Asosiasi (FERWAFA) dibangun pada 1972. Itu sudah berafiliasi dengan FIFA semenjak 1976 serta sudah jadi anggota Konfederasi Sepak Bola Afrika semenjak 1976 . Laga sah pertama team sepak bola Rwanda dimainkan di Gabon , pada 29 Juni 1976 menantang Burundi , yang usai dengan kekalahan dengan score enam gol jadi 2. Salah satunya kekalahan paling besar Rwanda tertera pada 7 Juli 1976 di Gabon, menentangKamerun. Ini usai dengan score 5-0 untuk Lions Indomitable. Lima hari selanjutnya, masih di Gabon, dia berjumpa Zaire serta alami salah satunya kekalahan terbesarnya, dengan penebaran gol yang sama. Pada 10 April 1983 , di Tunisia , Rwanda menulis salah satunya kekalahan terbesarnya dengan score yang sama menantang Tunisia.

Saat keadaan tidak memberikan keuntungan untuk sepak bola (1994-2004)
Artikel penting: Genosida di Rwanda.
Sebab genosida yang berlangsung di tahun 1994 , Rwanda merasakan dianya pada kondisi yang benar-benar tidak memberikan keuntungan buat sepak bola, sebab kemelut di antara Tutsi serta Hutu , serta sekian tahun sesudah genosida, seperti bukti tidak ikut dalam putaran eliminasi. yang CAN 1996. The Uganda itu mengaku semakin luas kekalahan Rwanda pada 1 st Agustus 1998 di Kampala pada score lima gol ke 0. Untuk Piala Dunia 1998 , team Rwanda dipukuli di 1 st putaran playoff oleh Tunisia. Untuk Piala Dunia 2002Dia berusaha 1 st putaran dengan Pantai Gading. Rwanda memenangi pertandingan regional, Piala Bangsa-Bangsa CECAFA di tahun 1999 , menaklukkan Kenya (3-1) serta jadi finalis di tahun 2003 (ditaklukkan oleh Uganda (0-2)).

Salah satu performa Rwanda di CAN 2004
Team Rwanda cuma berperan serta pada sebuah CAN di tahun 2004 , di Tunisia , terima kasih pada Ratomir Dujkovic , pelatih kewarganegaraan Kroasia. Ia dekati quarterback dengan kemenangan menantang DR Kongo (1-0, gol oleh Said Abed Makasi), seimbang menantang Guinea (1-1, gol oleh Karim Kamanzi ) serta kekalahan menantang Tunisia (1-2, arah Joao Rafael Elias ) yang 1 st putaran.

Semenjak 2004
Untuk Piala Dunia 2006 , team Rwanda menaklukkan Namibia di 1 st bundar tetapi paling akhir usai dalam 2 untuk mengganti belakang Angola , yang Nigeria , yang Gabon , yang Zimbabwe serta Aljazair. Kemenangan paling besar Rwanda tertera di Dar es Salaam di Tanzania menantang Djibouti , pada 13 Desember 2007 yang usai dengan score 9-0 untuk Rwanda, dalam rangka Piala CECAFA 2007. Pembuat golnya ialah Olivier Karekezi ( 2 gol),Ahmed Abdi (tim sendiri), Kamana Bokota (3 gol), Roger Tuyisenge (1 gol), Elias Uzamukunda (satu gol) serta Hegman Ngoma (satu gol). Rwanda untuk Piala Dunia Sepakbola 2010 , dengan cara langsung penuhi ketentuan untuk putaran ke- 2 di group Maroko , Ethiopia serta Mauritania serta adalah kemudahan yang benar-benar memberikan keuntungan untuk terhubung set ke- 3. Ia 2x finalis pada 2005 (ditaklukkan oleh Ethiopia (0-1)) serta pada 2007 (ditaklukkan oleh Sudan (2-2 tab 4-2, gol dariHaruna Niyeonima serta Abed Mulenda) ) dari Piala Bangsa-bangsa CECAFA.